Memahami perbedaan liabilitas dengan aset

mulyo @ pengembangan aset

 

Memahami perbedaan liabilitas dengan aset

 

Seringkali orang menyamakan liabilitas (liability) dengan aset (assets) karena utang nampak seolah-olah sebagai aset. Sesungguhnya kedua hal itu sangat berbeda, karena utang adalah liabilitas yang mendatangkan pengeluaran, sedangkan aset adalah sesuatu yang mendatangkan penghasilan atau memberikan pemasukan.

 

Rumah besar, mobil mewah, atau perangkat elektronik canggih dinilai sebagai aset kendati dibeli dengan uang pinjaman, padahal barang-barang tersebut adalah liabilitas. Rumah besar, mobil mewah atau perangkat elektronik canggih bukan aset karena tidak memberikan pemasukan kepada kita, bahkan mendatangkan pengeluaran dalam bentuk hipotek, biaya operasional, pemeliharaan, pajak, asuransi, bunga, denda dan sebagainya.

 

Barang-barang yang kita beli dengan uang pinjaman membuat kita seolah-olah memiliki banyak aset, menjadi orang kaya raya, padahal barang-barang tersebut sesungguhnya adalah aset milik kreditur. Rumah besar, mobil mewah atau barang elektronik canggih akan disita oleh kreditur kalau kita lalai dalam memenuhi kewajibannya sebagai debitur. Semakin banyak barang-barang yang kita miliki dengan jalan berutang, semakin besar liabilitas kita sementara aset kita justru semakin kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>